Sering Biarkan Bensin Motor Sampai Habis? Ketahuilah Efek Negatifnya!

Terlalu sering membiarkan tangki bensin motor dalam kondisi hampir habis ternyata bisa memberikan efek negatif. Mungkin jika kondisi tersebut hanya sesekali saja, misalnya ketika motor akan ditinggalkan dalam rentang waktu lama seperti mudik, maka tidak terlalu bermasalah.

Akan tetapi jika terlalu sering terjadi, Maka hal tersebut justru akan merusak berbagai komponen di dalam motor. Biasanya alasan orang membiarkan tangki bensin motornya sampai habis pun beragam, mulai dari tidak sempat mengisi ulang atau lupa bahkan tidak sadar jika kondisi bensinnya sudah habis, apalagi ada beberapa motor yang kadang tidak dilengkapi dengan jarum penunjuk kapasitas tangki bensin.

1. Tangki Bensin Yang Sering Kosong Bisa Karatan

Tangki bensin sepeda motor yang sering dibiarkan dalam kondisi kosong, memang lama-kelamaan bisa berkarat. Karena saat terdapat ruang kosong di dalam tangki, bahan bakar akan menguap dan menjadi embun yang bisa menyebabkan munculnya karat pada permukaan tangki bensin.

Oleh sebab itu disarankan saat mengisi tangki bensin mesti sampai penuh, hal tersebut agar dapat mencegah terjadinya penguapan bahan bakar yang berujung jadi menimbulkan karat. Jika tangki bensin berkarat, maka akan berpotensi terjadi masalah lain pada sepeda motor milikmu. Mulai dari tangki bensin bocor / merembes bahkan hingga menyumbat saluran bahan bakar itu sendiri.

2. Muncul Endapan Kotoran

tangki bensin motor kotor

Karat yang mengendap dalam tangki bensin yang sering dibiarkan kosong ini lambat laun akan bisa mengotori bahan bakar dan menyumbat saluran bahan bakar. Jika kamu sudah menyadari terdapat karat pada dinding atau permukaan tangki bensin, sebaiknya segera kuras tangki bensin terlebih dahulu setelah itu bisa rutin digunakan kembali.

Agar lebih aman, sebaiknya kamu melakukan pengurasan tangki bensin di bengkel-bengkel resmi terdekat. Jika tangki bensin sudah dikuras, maka karat yang mengendap serta air dan kotoran yang tersisa dalam tangki akan terbuang.

3. Kinerja Fuel Pump Bisa Terganggu

tangki bensin motor kotor

Jika membiarkan tangki bensin karatan tanpa dilakukan pengurasan terlebih dahulu, komponen motor yang akan mengalami masalah selanjutnya adalah fuel pump. Fuel pump merupakan komponen yang terdapat pada sepeda motor injeksi, yang fungsinya untuk mengalirkan bensin ke rangkaian injektor.

Kotoran yang mengendap dan karat yang sudah menumpuk dalam tangki bensin, bisa menyebabkan filter fuel pump menjadi cepat kotor. Jika sudah terlalu kotor akan masuk ke dalam fuel pump dan mengakibatkan pompa macet.

4. Bisa Merembet Sampai Injektor

tangki bensin motor kotor

Jika kotoran sudah banyak mengendap dalam fuel pump, maka akan bisa merembet sampai ke perangkat injektor. Kotoran akan menumpuk pada lubang injektor, yang tentu saja akan mengganggu kinerja dari injektor tersebut. Jika lubang injektor ini sudah tersumbat, maka efeknya tenaga motor akan kurang bertenaga, tarikan motor brebet, bahkan bisa jadi motor mendadak mogok.

Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu mengisi bahan bakar motor hingga tangki bensin penuh. Selain itu, jangan biarkan juga tangki bensin motor milikmu sampai kosong, isilah bensin sebelum kondisi tangki benar-benar habis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *