Mengatasi Fitur AutoSave Dinonaktifkan Di Office Word, Excel Atau PowerPoint

Simpan Otomatis atau AutoSave adalah fitur yang relatif baru dalam program Microsoft Office. Hadir dalam program Office Word, Excel, dan PowerPoint, fitur AutoSave secara otomatis akan menyimpan dokumen setiap beberapa detik, ketika kamu membuat file dokumen pada Word, Excel atau PowerPoint.

Dengan kemampuannya ini, fitur AutoSave diaktifkan secara default, dan kebanyakan pengguna merasa terbantu dengan adanya fitur tersebut. Namun demikian, tidak sedikit pula pengguna yang mengeluhkan bahwa fitur AutoSave dinonaktifkan tanpa sebab atau tidak dapat diaktifkan pada program Word, Excel, dan PowerPoint.

Fitur AutoSave Dinonaktifkan Di Office Word, Excel Atau PowerPoint

Jika kamu juga mengalami masalah yang sama, yaitu tidak dapat mengaktifkan fitur Auto Save guna melakukan simpan otomatis, kemungkinan besar karena salah satu alasan berikut ini.

Periksa Apakah AutoSave Disabled

Adalah ide yang baik untuk memulai dengan memeriksa apakah fitur Simpan Otomatis dinonaktifkan pada pengaturan. Berikut ini adalah cara untuk melakukannya.

Langkah 1: Arahkan ke File > Options. Dalam dialog yang dimunculkan, beralihlah ke tab Save.

Langkah 2: Pilih kotak di sebelah opsi AutoSave OneDrive and SharePoint Online files by default. Lalu klik tombol OK di bawah.

Fitur AutoSave Dinonaktifkan Di Office Word, Excel Atau PowerPoint

Kamu Tidak Menyimpan File Ke OneDrive Atau SharePoint

Yah, fitur Auto Save tersedia dan secara otomatis diaktifkan hanya ketika kamu mengerjakan file yang disimpan pada OneDrive, OneDrive for Business, atau SharePoint Online. Yaitu, fitur AutoSave dimatikan dan tidak bisa dinyalakan ketika kamu mengerjakan dokumen tanpa menyimpannya ke OneDrive / SharePoint Online atau saat mengerjakan dokumen yang disimpan di komputer atau penyimpanan offline lainnya.

Singkatnya, fitur AutoSave dimaksudkan untuk pengguna yang menyimpan filenya ke OneDrive.

Selain itu, AutoSave dinonaktifkan ketika file kamu di folder OneDrive lokal dan sinkronisasi dijeda atau dinonaktifkan.

CATATAN: Fitur AutoRecover yang ada dalam program Office benar-benar berbeda dari AutoSave. Fitur Auto Recover tersedia bahkan ketika kamu menyimpan file offline atau mengerjakan file tanpa menyimpannya. Fitur AutoRecover membantu kamu memulihkan file jika terjadi kerusakan atau bahkan jika secara tidak sengaja kamu menutup file tanpa menyimpannya.

Kamu Menggunakan Format File Yang Tidak Didukung

Fitur Simpan Otomatis tidak tersedia ketika kamu bekerja pada format file lama seperti .doc, .xls, atau .ppt. Ubah format file ke yang terbaru untuk mengaktifkan fitur Auto Save. Sedangkan untuk mengetahui format file, lihat tab judul program. Tab judul menampilkan nama file serta format file.

Fitur AutoSave Dinonaktifkan Di Office Word, Excel Atau PowerPoint

Matikan Fitur Keamanan Di Excel

Jika tidak dapat mengaktifkan fitur AutoSave di Excel, itu bisa jadi karena file tersebut berisi fitur yang tidak didukung oleh AutoSave. Kamu harus mematikan Shared Workbook, menghapus enkripsi password dari file, menghapus akses terbatas, dan mematikan Refresh data saat membukanya.

Selain itu, mungkin add-in telah menonaktifkan fitur Simpan Otomatis. Buka File > Options > Add-ins > Excel Add-ins > Go dan kemudian hapus ceklis pada kotak centang untuk add-in.

Perbaiki Pemasangan Microsoft Office

Jika masalah masih tetap terjadi, kamu bisa mempertimbangkan untuk memperbaiki untuk memperbaiki masalah Office tanpa mempengaruhi file.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *