Memperbaiki Windows Update Menginstal Pembaruan Yang Sama Terus Menerus

Windows 10 mungkin bukanlah sistem operasi yang tanpa bug dan masalah, sebab terkadang ada saja bug baru yang muncul dan mengganggu. Salah satunya adalah update Windows 10 terus menginstal pembaruan yang sama lagi dan lagi.

Hal ini dapat terjadi jika pembaruan tidak dipasang dengan benar, pengaturan Windows Update tidak dapat mendeteksi pembaruan, file penginstal update rusak, database pembaruan Windows telah rusak, dll.

Memperbaiki Windows Update Menginstal Pembaruan Yang Sama Terus Menerus

Memperbaiki Update Windows 10 Menginstal Pembaruan Yang Sama Berulangkali.

Folder Software Distribution adalah tempat semua penyimpanan pembaruan otomatis pada perangkat milik kamu.

Kadang-kadang beberapa masalah pada folder ini dapat menyebabkan berbagai kesalahan pembaruan, termasuk masalah yang disebutkan di atas yaitu terus menginstal pembaruan yang sama.

Untuk mengatasi masalah itu cobalah hapus folder Software Distribution dan lihat apakah ada perubahan setelah menghapusnya.

Namun sebelum menghapus folder ini, kamu harus mengganti namanya terlebih dahulu dan menentukan apakah aman untuk menghapusnya. Mengganti nama mungkin adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah terdapat masalah dengan folder tersebut. Jika dipastikan bahwa tidak ada masalah setelah mengganti nama folder, maka kamu dapat menghapusnya.

Menghapus File Software Distribution

Folder Software Distribution terkait dengan layanan pembaruan windows, sehingga sebelum menghapusnya terlebih dahulu kita harus menghentikan windows update service. Untuk melakukannya tekan tombol Windows + R, lalu ketik services.msc dan tekan tombol Enter.

Tindakan di atas akan membuka Windows Services. Kemudian gulir ke bawah dan cari layanan Windows Update. Klik kanan pada layanan tersebut dan pilih Properties, lalu pilih opsi Stop untuk menghentikan layanan.

Setelah menghentikan layanan, tekan tombol Windows + E untuk membuka File Explorer dan arahkan ke lokasi berikut C:WindowsSoftwareDistribution. Setelah berada pada folder itu, lalu buka folder Download.

Memperbaiki Windows Update Menginstal Pembaruan Yang Sama Terus Menerus

Pilih semua file dan folder yang ada di dalamnya dan kemudian hapus dengan menekan tombol Delete pada keyboard perangkat kamu.

Sekarang, kembali ke folder SoftwareDistribution, lalu buka folder DeliveryOptimization. Sekali lagi, hapus semua folder dan file dalam folder itu.

Nah, begitulah cara penyelesaiannya. Sekarang Start kembali layanan windows update di jendela services, lalu restart sistem perangkat kamu. Setelah itu, harusnya tidak terdapat lagi masalah dimana Windows Update menginstal pembaruan secara berulang kali.

Perbaikan Menggunakan Windows Updates Troubleshooter

Cara termudah untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menggunakan Windows Updates Troubleshooter. Pergilah ke situs dukungan Microsoft dan unduh troubleshooter (tautan unduhan). Setelah diunduh, buka dan jalankan aplikasi tersebut. Pada tampilan pertama, klik tombol Next untuk melanjutkan.

Kamu juga dapat menjalankan windows update troubleshooter dari menu Settings (Windows + I) > Update & security > Troubleshoot > Windows Update dan jalankan Troubleshooter untuk memeriksa dan memperbaiki jika ada masalah yang mencegah pembaruan Windows untuk mengunduh dan menginstalnya.

Setelah menjalankan troubleshooter, silahkan restart perangkat Windows kamu dan periksa kembali pembaruan dari menu Settings > Update & Security > Windows Update > Check for updates.

Memasang Pembaruan Windows 10 Secara Manual

Jika masalah masih berlanjut, kamu dapat mencoba menginstal pembaruan secara manual dengan mengunduh file penginstal offline di Microsoft Update Catalog.

Pada situs tersebut, cari kode pembaruan yang ditentukan oleh nomor dengan awalan KB, kamu harus mencari media creation tool resmi untuk meng-upgrade Windows 10 terbaru tanpa kesalahan atau masalah apapun.

Dan kami sarankan kamu untuk menjalankan System File Checker. Alat ini akan memindai file sistem yang hilang atau rusak yang mungkin menyebabkan masalah. Ketik CMD di kotak Pencarian menu Start, klik kanan pada Command Prompt, lalu pilih Run as Administrator.

Ketik baris perintah sfc /scannow dan tekan Enter pada Command prompt. Tunggu hingga proses pemindaian selesai 100%. Setelah itu lakukan pembersihan. Pilih program andalan kamu untuk melakukannya.

Demikianlah pembahasan kita tentang semua yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi masalah Windows Update yang melakukan pembaruan secara berulang-ulang terus menerus ini. Jika metode yang telah RajaTutorial bagikan ini membantu, beritahu kami pada kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *