Cara Perbaiki Error Microsoft Word is Not Responding

Jika kamu melihat pesan error Microsoft Word is not responding, mungkin solusi yang akan kami bagikan dalam artikel ini dapat membantu kamu untuk memperbaiki masalah Microsoft Word tersebut. Ketika sebuah program berhenti merespon, biasanya maka kinerjanya akan terhenti / membeku seketika hingga mengakibatkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Hal itu juga dapat terjadi pada Microsoft Word, apalagi jika terdapat pesan error yang berbunyi “Microsoft Word is not responding“. Ketika tampilan Office Word membeku, maka aplikasi akan berhenti merespon (nge-freeze) dan akhirnya menampilkan pesan error.

Biasanya, program Microoft Word freeze / berhenti merespon akan terjadi selama beberapa saat saja, kemudian normal kembali. Namun dalam beberapa kasus, kadang program memerlukan waktu cukup lama untuk merespon. Dalam kondisi seperti itu, mungkin kamu harus menutup paksa program tersebut. Jika kamu menutup paksa Microsoft Word, kamu akan kehilangan data yang belum disimpan.

cara perbaiki error microsoft word not responding

Nah, jika Microsoft Word sering berhenti merespon atau terdapat pesan not responding, maka ikuti panduan yang RajaTutorial.com sediakan dalam artikel ini untuk memperbaiki masalah tersebut.

Memperbaiki Microsoft Word is not responding

Meskipun mungkin terdapat beberapa penyebab dari masalah word not responding ini, paling sering terjadi pesan kesalahan ini adalah karena add-in Word yang bermasalah, dokumen Word yang rusak, atau jika sistem perangkatmu tidak mempunyai cukup RAM untuk menjalankan aplikasi Microsoft Office.

Jika kamu melihat pesan error Microsoft Word not responding, terapkan cara perbaikan yang kami bagikan untuk mengatasi masalah tersebut. Sebelum mengikuti tutorial yang kami jelaskan di bawah, akan lebih baik jika kamu memeriksa Office Updates secara manual. Jika ada bug pada aplikasi Office, maka pembaruan akan memperbaikinya.

  • Buka Microsoft Word dalam Safe Mode
  • Mengubah printer default
  • Memperbaiki dokumen Word yang rusak
  • Memperbaiki / Repair Microsoft Office
  • Menghapus instalasi dan menginstal ulang Ms. Office

Di bawah ini, RajaTutorial.com telah menjelaskan semua cara perbaikan tersebut secara detail.

1] Buka Microsoft Word dalam Safe Mode

Safe Mode adalah status di mana program Office dimulai dengan add-in dalam kondisi dinonaktifkan. Jika masalah terjadi karena add-in yang error, maka Safe Mode akan dapat memberitahu kamu. Buka kotak Run, ketik winword /safe lalu tekan Enter untuk meluncurkan Word dalam Safe Mode.

Setelah membuka Microsoft Word dalam Safe Mode, periksa apakah program itu membeku atau menampilkan pesan error “Microsoft Word is not responding” atau “Microsoft Word tidak merespons“. Jika tidak, jelas bahwa salah satu add-in mengganggu Microsoft Word. Sekarang, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi apa yang menyebabkan masalah.

cara perbaiki error microsoft word not responding

Untuk mengidentifikasi add-in yang bermasalah, tutup Word dalam Safe Mode lalu buka lagi Word dengan mode normal.

Kemudian buka File > Options > Add-Ins. Pilih COM Add-in dari menu drop-down di sisi kanan lalu klik Go. Sekarang, nonaktifkan add-in satu per satu dan periksa apakah masalahnya sudah terselesaikan. Nonaktifkan satu add-in lalu mulai ulang Word. Lihat apakah masih menampilkan pesan error not responding. Dengan cara ini, kamu dapat menemukan penyebabnya.

Jika kamu tidak bisa menggunakan Microsoft Word dalam mode normal, maka kamu tidak akan bisa menonaktifkan add-in dalam mode normal. Dalam hal ini, kamu harus menonaktifkan add-in dalam Safe Mode. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka program Word dalam Safe Mode.
  • Nonaktifkan add-in.
  • Buka ulang Word dalam mode normal.
  • Periksa apakah masalah berlanjut.

Setelah kamu menemukan penyebabnya, hapus hal tersebut dari Word lalu temukan alternatifnya.

Untuk menonaktifkan add-in Office, yaitu dengan cukup kosongkan kotak centang / ceklis lalu klik OK.

2] Ubah printer default

Terkadang masalah terjadi ketika aplikasi Microsoft Office tidak dapat mengakses printer default. Kami sarankan agar kamu mengubah printer default pada komputer atau laptop milikmu. Atau bila perlu atur Microsoft XPS Document Writer sebagai printer default dan lihat apakah itu bisa membantu sebagai solusi penyelesaian.

3] Perbaiki dokumen Word yang rusak

Jika masalah hanya terjadi pada satu atau beberapa dokumen Word tertentu saja, maka ada kemungkinan bahwa dokumen Word tersebut rusak / corrupted. Dokumen yang rusak dapat membekukan Microsoft Word karena perangkatmu akan mengalami error “Microsoft Word is not responding” alias “Microsoft Word tidak merespons”. Dalam hal ini, kamu harus memperbaiki dokumen Word yang rusak.

4] Memperbaiki / Repair Microsoft Office

cara perbaiki error microsoft word not responding

Jika masalah masih berlanjut, beberapa file Microsoft Office mungkin telah rusak (corrupt). Masalah ini dapat diperbaiki dengan cara memperbaiki aplikasi Microsoft Office. Pertama, jalankan Quick repair / Perbaikan cepat. Jika ini tidak berhasil, maka cobalah jalankan Online repair / Perbaikan Online.

5] Hapus Instalasi dan Instal Ulang Office

Jika pada beberapa cara perbaikan di atas tidak ada yang dapat menyelesaikan masalah Office not responding, maka menghapus instalan dan menginstal ulang Office mungkin bisa membantu kamu.

Sebelum menghapus instalan Microsoft Office, pastikan bahwa kamu memiliki product key untuk aktivasi Office. Sebab tanpa activation key / kunci aktivasi Office, kamu tidak akan bisa mengaktifkan Microsoft Office, kecuali jika memang kamu terbiasa menggunakan yang illegal atau bajakan.

Apa yang menyebabkan Microsoft Word nge-freeze / membeku?

Biasanya, dokumen Word yang rusak menyebabkan Microsoft Word freeze. Selain itu, kadang ada penyebab lain juga terkait masalah ini. Mungkin masalah terjadi karena add-in yang mengalami poblem atau error. Kamu bisa memeriksanya dengan cara membuka Microsoft Word dalam Safe Mode. Untuk memperbaiki masalah Microsoft Word freeze, jalankan Online repair / Perbaikan Online atau perbaiki dokumen Word yang rusak.

Jika sistem komputer atau laptop milikmu tidak memiliki RAM yang cukup untuk menjalankan aplikasi Microsoft Office, maka kamu harus meningkatkan RAM tersebut.

Mengapa Word terus-menerus not responding?

Jika Microsoft Word terus-menerus nge-freeze atau tidak merespon, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa apakah perangkat memiliki RAM minimum untuk menjalankan aplikasi Microsoft Office atau tidak.

Jika masalah terjadi pada beberapa dokumen Word tertentu, dokumen tersebut mungkin telah rusak. Perbaiki dokumen Word milikmu terlebih dahulu lalu coba buka kembali file Word tersebut. Nah sobat, RajaTutorial.com telah membagikan beberapa saran untuk mengatasi masalah error “Microsoft is not responding” atau “Microsoft Word tidak merespons” dalam artikel ini.

Apa yang harus dilakukan ketika Microsoft Word not responding / tidak merespon dan saya belum menyimpannya?

Jika kasus ini terjadi, tunggu dulu beberapa saat lalu lihat apakah Word merespon. Jika tidak, bahkan setelah beberapa waktu agak lama, maka tutup Word dan buka kembali. Lalu pergi ke File > Manage Documents > Recover Unsaved Documents (File > Kelola Dokumen > Pulihkan Dokumen yang Belum Disimpan). Atau, buka File > Open > Browse lalu cari file cadangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *