Cara Mudah Root Samsung Galaxy A01 SM-A015F/G/M/U Android 11

Setiap produsen smartphone umumnya akan menyematkan aplikasi-aplikasi bloatware pada ponsel Android produk mereka yang terkadang tidak kita perlukan. Begitu pun dengan smartphone Samsung Galaxy A01 tidak bisa terbebas dari aplikasi bawaan dan biasanya tidak bisa dihapus. Maka tidak heran jika sebagian pengguna Android ingin melakukan root pada ponsel mereka.

Samsung Galaxy A01 hadir dengan RAM 2GB dan prosesor yang apa adanya. Saat membeli ponsel ini, mestinya kamu mengetahui terkait keterbatasan perangkat kerasnya. Dan tidak dipungkiri juga karena kehadiran beberapa aplikasi Bloatware, maka sumber daya penyimpanan ponsel dan performanya pun tentu saja semakin berkurang.

Untuk itu kamu bisa melakukan rooting pada Samsung Galaxy A01 Android 11 dengan mengikuti beberapa cara yang akan RajaTutorial.com jelaskan di bawah ini jika smartphone-mu ingin terbebas dari keterbatasan yang ada. Metode yang akan kita gunakan ini didasarkan pada Magisk. Jadi, dengan metode Magisk ini kamu tidak bisa melakukan penginstalan custom ROM. Namun kamu bisa secara penuh menginstal dan menggunakan semua aplikasi yang memerlukan akses root.

cara root samsung galaxy a01

Setelah root, kamu tidak akan mendapatkan update sistem dari Samsung. Kalau mau, kamu harus memperbarui ponsel secara manual dengan melakukan flashing. Jadi, Sebelum melanjutkan proses root, kamu harus mengerti dulu untuk apa kamu ingin menerapkan root.

Jika kamu merupakan pengguna biasa, sebaiknya kamu mencoba beberapa alternatif lain yang tidak memerlukan akses root. Namun jika kamu merupakan pengguna dan pengembang aplikasi root yang sudah terbiasa, kamu dapat mengikuti panduan di bawah ini untuk menerapkan rooting pada ponsel Samsung Galaxy A01 milikmu.

Haruskah Melakukan Root pada Samsung Galaxy A01?

Sebaiknya kamu mempunyai alasan kuat untuk melakukan rooting. Sebab HP Samsung Galaxy A01 hadir dengan dibekali One UI 3.1 yang berbasis Android 11 dan sudah dioptimalkan. Kamu memiliki lebih dari cukup 2GB RAM untuk menggunakan aplikasi harian tanpa masalah selama bertahun-tahun. Meskipun mungkin RAM sepertinya kurang mencukupi karena OS Samsung yang sangat disesuaikan. Tapi percayalah, One UI jauh lebih baik dari pada OS Custom Skin lainnya.

Kamu bisa menggunakan HP Samsung Galaxy A01 ini tanpa masalah berarti selama bertahun-tahun. Akan tetapi, jika kamu ingin melakukan root hanya karena semua orang melakukannya, maka kami sarankan agar kamu tidak me-root HP Samsung Galaxy A01 apalagi jika belum memiliki pengalaman.

Cara Root HP Samsung Galaxy A01 Android 11 One UI 3.1 (SM-A015F, SM-A015G, SM-A015M, SM-A015U)

Pertama, terimakasih kepada pengembang – ChepeSevenfold, untuk metode Root. topjohnwu – orang jenius ini adalah yang menemukan dan mengembangkan Magisk. HP Samsung Galaxy A01 hadir dengan bootloader yang fleksibel. Artinya kita dapat dengan mudah melakukan root pada smartphone tersebut.

Ponsel Samsung Galaxy A01 juga bisa menerima penginstalan TWRP recovery atau file / aplikasi custom recovery lainnya. Jangan coba-coba kamu terapkan pada Samsung Galaxy A01 varian Snapdragon seperti perangkat Verizon. Sebab mereka hadir dengan status Bootloader yang terkunci.

Dalam metode di bawah ini, kita akan melakukan Rooting pada perangkat Samsung Galaxy A01 ini dengan menggunakan Magisk. Kamu dapat menginstal TWRP official menggunakan aplikasi resmi. Namun, TWRP recovery merupakan file custom recovery yang harus diinstal pada perangkat karena dengannya kamu bisa melakukan root hingga berhasil.

Pada artikel ini RajaTutorial.com akan menjelaskan metode paling mudah untuk diikuti ketika harus menginstal Magisk pada Samsung Galaxy A01. Dan aplikasi utama yang diperlukan untuk me-rooting perangkat Samsung Galaxy A01 ini adalah Aplikasi Magisk.

Kamu bisa mem-flash TWRP recovery jika sudah tersedia. Dengan bantuan TWRP Recovery, kamu dapat dengan cepat mem-flash Custom ROM ke Samsung Galaxy A01 milikmu. Sebelum membagikan tutorialnya, mungkin kamu ingin mengetahui bahwa pengguna bisa dengan mudah menginstal aplikasi root apapun dengan Magisk yang ada pada ponselmu.

Hal yang perlu diperhatikan

  • Periksa nomor model smartphone milikmu.
  • Sebaiknya mencadangkan file dan data kamu terlebih dahulu – proses ini akan menghilangkan seluruh data ponsel (simpan di penyimpanan MicroSD).
  • Instal Magisk Manager terbaru.
  • Pastikan baterai smartphone kamu dalam kondisi di atas 50%.
  • Tidak dapat menggunakan Samsung Pay, Folder Aman, dan beberapa aplikasi resmi dari Samsung.
  • Tidak bisa memperbarui firmware ponsel.
  • Bacalah tutorial secara lengkap sebelum menerapkan proses root.

1. Unlock Bootloader

cara unlock bootloader samsung galaxy a01
  • Aktifkan Mode USB Debugging lalu OEM Unlock pada ponsel. Cara melakukannya adalah, buka Pengaturan > Tentang > Informasi perangkat lunak > Ketuk Nomor versi sebanyak 7-10 kali secara terus menerus untuk mengaktifkan “Opsi Pengembang”, kemudian kembali ke Pengaturan lalu buka Opsi Pengembang dan aktifkan Mode USB Debugging serta aktifkan pula OEM Unlock. Proses root HP Samsung Galaxy A01 ini mudah.
download mode samsung galaxy a01
  • Matikan ponsel HP Samsung Galaxy A01 milikmu. Masuk ke Download Mode dengan cara menekan tombol Volume Bawah sambil menghubungkan ponsel Anda dengan komputer atau laptop menggunakan Kabel USB. Saat layar peringatan Download Mode muncul, tekan tombol Volume Atas untuk melakukan Unlock Bootloader.

warning bootloader samsung galaxy a01
  • Proses di atas akan menghapus data pengguna kamu. Setelah mengatur smartphone, silakan periksa kembali OEM Unlock pada menu Pengaturan. Sebab terkadang OEM Unlock tersebut mengunci kembali.

2. Menyiapkan file Patched Boot Image

  • Download dan instal driver USB Samsung ke sistem komputer atau laptop yang kamu gunakan.
  • Dan download pula Software ODIN. Pilih versi Oreo ke atas yang terdapat dalam daftar ODIN tersebut. Lalu instal ODIN di komputer atau laptop.
  • Download Firmware Samsung Galaxy A01 Android 11 dan simpan di komputer atau laptop. Versi firmware smartphone kamu saat ini dan versi yang didownload (AP dan CSC) harus sama.
  • Kamu dapat menggunakan aplikasi Phone Info untuk mengetahui versi firmware ponsel yang kamu gunakan.

download mode samsung galaxy a01
  • Download software 7Zip-ZS, LZ4, lalu instal kedua aplikasi tersebut pada komputer atau laptop. Ekstrak file dalam firmware yang telah kau download menggunakan 7Zip-ZS. Maka kamu akan menemukan empat file di dalamnya. Klik pada file dengan ekstensi AP lalu ekstrak lagi. Kamu akan mendapatkan beberapa data yang di antaranya adalah boot.img.lz4 dan Vbmeta.img.lz4.
download mode samsung galaxy a01
  • Kemudian copy file boot.img.lz4 dan Vbmeta.img.lz4 ke folder instal LZ4. Konversikan file lz4 tadi ke file .img dengan cara menyeret file .img tersebut ke aplikasi lz4. Kamu harus menyeret file ke aplikasi tersebut. Sebab nanti script akan secara otomatis mengubah file ke format .img. Setelah proses konversi selesai, copy file boot dan Vbmetaa — file img ke smartphone milikmu.
  • Download Magisk Manager (pilih versi terbaru) lalu Instal di ponsel. Buka Magisk yang telah terinstal tadi dan pilih Instal Magisk; langkah ini akan meminta file zip dan file Patch Boot Image File. Lalu pilih file Boot Image.
magisk boot image file galaxy a01
  • Arahkan ke File Boot Image yang telah kamu persiapkan pada langkah sebelumnya.
magisk boot image file galaxy a01
  • Tunggu sampai proses selesai; kamu akan mendapatkan file .tar yang telah dipatched oleh Magisk. File .tar tersebut berada di folder yang sama tempat kamu memiliki file firmware Stock ROM bawaan. Jika tidak muncul file .tar dan justru kamu mendapatkan file .img. Maka tidak masalah. Copy file tersebut ke komputer atau laptop. Karena kita bisa mengonversi data disana.
magisk boot image file galaxy a01
  • Ketika mendapatkan file .img, buka aplikasi 7zip yang tadi telah terinstal. Arahkan file img yang telah dipatched magisk itu lalu pilih Add, kemudian pilih format .tar dan pilih OK. Setelah mendapatkan file boot.tar, Seret Vbmeta.img ke boot.tar. Sekarang kita akan mendapatkan file boot.tar yang bisa di-flash di ODIN. Dalam file ekstensi .tar, biasanya terdapat dua file-boot.img dan Vbmeta.img.
magisk boot image file galaxy a01

3. Flash Patched Boot dan Vbmeta Image.tar menggunakan ODIN

  • Karena batas keamanan baru dari Samsung, kita tidak bisa mem-flash TWRP dengan Stock Boot pada ponsel. Jadi, kita harus mem-flash boot yang dipatched terlebih dahulu menggunakan ODIN.
  • Buka kunci layar ponsel. Biarkan tidak terkunci dengan metode sidik jari, Kunci PIN, Wipe. Atur pada tidak ada kunci di pengaturan.
  • Matikan Ponsel Galaxy A01 kamu. Masuk ke Download Mode dengan cara menahan Tombol Volume Turun sambil menghubungkan Ponsel ke komputer atau laptop melalui Kabel USB; setelah Logo Samsung Muncul, Lepaskan semua tombol.
  • Setelah masuk ke Download Mode, maka akan muncul tulisan Warning; tekan tombol Volume Naik untuk melanjutkan.
  • Kemudian buka aplikasi Odin.
magisk boot image file galaxy a01
  • Setelah itu, maka akan muncul pesan Added pada Odin.
  • Jika kamu tidak mendapatkan pesan seperti ini, maka ulangi langkah di atas dengan baik.
magisk boot image file galaxy a01
  • Setelah mendapatkan pesan Added pada Odin, lalu pilih tombol AP/PDA, dan telusuri file yang berekstensi .tar Magisk patched. Bersamaan dengan file ini, kamu harus memilih dan mem-flash tiga file firmware non-patch lainnya. Kita harus mem-flash hanya file image boot patched magisk. Hapus ceklis yang terdapat pada opsi Auto-Reboot.
magisk boot image file galaxy a01
  • Tekan Start dan tunggu sampai proses selesai. Setelah selesai, tekan tombol Volume Turun + Power untuk keluar dari Download mode. Ketika layar mati, segera tekan tombol Volume Naik + Volume Turun + Power untuk melakukan boot ke Recovery Mode.
magisk boot image file galaxy a01
  • Setelah masuk ke Recovery Mode bawaan, buka Wipe Data/Factory Reset lalu pilih Yes untuk melakukan wipe data. Pada tahap ini akan menghapus data yang tersimpan pada ponselmu. Jangan Boot ke mode normal terlebih dahulu; baca di bawah untuk tahap boot sebelum boot.
magisk boot image file galaxy a01

Cara Boot Setelah Ponsel Rooted

  • Selanjutnya, kamu perlu mengatur ponsel sebagaimana perangkat baru. Tekan dan tahan tombol Volume Naik + Power, lepaskan semua tombol setelah peringatan Bootloader muncul.
  • Kemudian, kamu dapat memeriksa status root menggunakan Root Checker.
  • Stock Recovery Boot – tekan dan tahan tombol Volume Naik + Power, lalu lepaskan tombol sambil menahan tombol Volume Naik.
  • Maka kamu akan melihat Magisk Manager pada kumpulan Aplikasi ponsel yang ada. Jika kamu tidak dapat menemukan aplikasinya, kamu bisa menginstal Magisk Manager secara manual di ponsel.

Apa Lagi Langkah Selanjutnya?

Menurut pendapat kami, kamu tidak perlu me-root HP Samsung Galaxy A01 Android 11 milikmu. Jika kamu berpikir dengan root dapat Meningkatkan Kinerja Ponsel; Dengan prosesor Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 Octa-Core dan RAM 2GB. Sekiranya dengan spesifikasi yang tertanam itu sudah cukup untuk penggunaan normal biasa.

Ketika secara tidak sengaja terpaksa dan ponsel sering melakukan booting, maka Jangan Panik; setelah mengatur semuanya, matikan ponsel lalu boot ke kondisi ponsel Rooted menggunakan langkah yang dijelaskan di atas.

Jika kamu melakukan root pada ponsel karena masalah Metode Hapus Aplikasi Sistem Tanpa Root. Jika memiliki saran atau keraguan, maka jangan segan untuk menyampaikan komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *