Cara Mengatasi Laptop Windows Hidup Lagi Setelah Shutdown

Pernahkah mengalami hal yang sangat janggal pada perangkat Windows yang kamu miliki? Masalah janggal ini merupakan hal yang baru dialami oleh sahabat saya, yaitu saat mematikan Windows 10 dengan cara shutdown, bukannya mati akan tetapi laptop tersebut justru hidup lagi seperti layaknya sengaja direstart.

Dalam hal ini masalah laptop dinonaktifkan lalu hidup lagi ternyata bukanlah masalah baru bagi laptop Windows. Karena hal tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak faktor khususnya masalah sistem yang crash.

Cara Mengatasi Laptop Windows Hidup Lagi Setelah Shutdown

Memiliki performa yang kencang dan aman memanglah sebuah harapan bagi setiap pengguna laptop atau komputer Windows. Apalagi berbicara tentang keamanan privasi pengguna.

Oleh sebab itu, dikala Microsoft memberikan update patch untuk sistem operasinya, sebagian orang berlomba-lomba untuk menjalankan Windows Update pada perangkat mereka masing-masing agar dapat segera menerapkan update sistem yang diberikan.

Biasanya Microsoft memberi pembaruan pada sistem keamanan, personalisasi tampilan serta perbaikan performa pada setiap update patch yang dirilis melalui Windows Update.

Namun apa jadinya jika yang diperoleh dari hasil update sistem tersebut bukan kinerja yang lebih baik melainkan terjadi masalah pada laptop?

Cara Mengatasi Windows 10 Hidup Lagi Setelah Dimatikan Dengan Cara Shutdown

Hal tersebut sekiranya sedikit menggambarkan masalah yang dialami oleh seorang sahabat RajaTutorial pada laptop Windows 10 yang dimilikinya.

Kabarnya setelah melakukan update patch terbaru, Windows 10 itu tidak dapat dimatikan dengan cara shutdown. Padahal perangkatnya itu merupakan Windows 10 yang selalu update setiap dirilis pembaruan sistem oleh Microsoft.

Untuk penyebab masalah yang terjadi belum diketahui penyebabnya, karena selain melakukan pembaruan sistem tidak dilakukan perubahan atau pemasangan apapun pada perangkat Windows 10 tersebut.

Akan tetapi RajaTutorial memiliki solusi untuk mengatasinya. Bagi sobat RajaTutorial yang mengalami hal serupa pada perangkatnya, baik itu Windows 7, Windows 8 ataupun Windows 10 silahkan untuk menerapkan cara yang akan RajaTutorial berikan pada artikel kali ini.

Baiklah, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi laptop Windows hidup kembali setelah dishutdown:

– Masuklah ke jendela Registry Editor dengan cara klik tombol Windows + R pada keyboard lalu ketik regedit kemudian tekan ENTER.

– Setelah jendela Registry Editor muncul, lalu bukalah folder HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion > Winlogon dengan cara mengklik tanda panah sebelah kiri pada masing-masing folder.

Kamu bisa juga melakukan cara lain dengan memasukkan source kode di bawah ini pada kolom yang bertuliskan Computer di bawah menu Registry Editor tersebut.

HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionWinlogon

– Pada folder ‘Winlogon’ carilah registri yang bernama PowerdownAfterShutdown. Lalu klik klik dua kali secara cepat untuk mengedit registri tersebut.

– Setelah terbuka editor registri PowerdownAfterShutdown tersebut, maka ubahlah Value data yang tadinya 0 menjadi 1 atau yang tadinya 1 menjadi 0.

– Setelah selesai, klik OK untuk menyimpan perubahan. Kemudian restart laptop kamu untuk menerapkan perubahan tersebut.

RajaTutorial berharap agar kamu mengikuti langkah demi langkah yang telah dijelaskan di atas. Jangan sampai ada yang terlewat atau salah masuk folder registri.

Apabila melakukan langkah dengan benar dan teliti, kemungkinan besar laptop Windows kamu yang megalami masalah hidup lagi setelah shutdown akan normal kembali.

Dan bila masalah laptop Windows hidup lagi setelah shutdown ini belum teratasi, jangan sungkan untuk menyampaikannya pada kolom komentar agar RajaTutorial dapat membantu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *