Cara Memilih Laptop Terbaik Sesuai Dengan Kebutuhan Kamu

Laptop merupakan perangkat elektronik yang cukup lengkap untuk dapat dibawa ke mana-mana dan cukup fleksibel untuk menjalankan aplikasi-aplikasi standar. Sehingga laptop menjadi salah satu “alat” terbaik untuk membantu menyelesaikan pekerjaan serius atau sekadar bermain. Dengan ratusan laptop yang beredar di pasaran, tentu tidak mudah bagi kita untuk memilih mana yang terbaik.

cara pilih laptop terbaik untuk pekerjaan

Terlebih, setiap orang mempunyai kebutuhan dan preferensi yang berbeda mengenai spesifikasi laptop yang diinginkan. Untuk membantu kamu mendapatkan laptop yang tepat sesuai dengan kebutuhan, berikut RajaTutorial bagikan beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebelum membeli laptop baru.

1. Tentukan Platform atau OS

Saat ini, sebagian besar laptop yang beredar hadir dengan salah satu dari tiga operating system (OS) populer, yaitu Windows, MacOS (hanya pada MacBook) dan ChromeOS. Dari ketiga OS tersebut, kamu harus menentukan mana yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Windows (umumnya Windows 10) merupakan OS paling fleksibel dan yang paling banyak digunakan. Selain itu, sistem operasi Windows tersebar di berbagai macam merk laptop dan model dengan harga mulai dari yang terjangkau hingga bisa “menguras dompet”.

cara pilih laptop terbaik untuk pekerjaan

Sementara untuk laptop MacOS, menawarkan fungsi dan kegunaan yang serupa dengan Windows, namun terbatas pada perangkat laptop dari Apple seperti MacBook saja. Salah satu keunggulan yang dimiliki MacOS dibanding Windows adalah dukungan pembaruan sistem operasi yang rutin setiap tahunnya.

Sedangkan laptop Chrome OS, adalah perangkat yang paling sederhana dan aman. Namun sayangnya laptop ChromeOS ini lebih terbatas ketimbang Windows dan MacOS. Sistem operasi ini lebih ditujukan bagi mereka yang suka dengan kesederhanaan dan portabilitas yang lebih baik. Hingga kini, untuk daftar user laptop, Chrome OS terbilang sistem operasi yang cukup sedikit dibanding dua OS lainnya.

2. Pilih Ukuran Layar Yang Tepat

Sebelum membahas tentang spesifikasi yang menjadi hal paling utama, ada baiknya untuk memilih ukuran layar yang tepat agar nyaman sesuai dengan kebutuhan kamu. Sebab ukuran layar juga dapat menentukan bobot dan tujuan utama dari kegunaan laptop itu sendiri. Setidaknya terdapat empat ukuran umum laptop yang ada di pasaran, yaitu 11, 14, 15 dan 17 inci.

  • 11 inci: ukuran paling kecil pada laptop dengan bobot umum pada kisaran 1,1kg. Laptop dengan ukuran layar ini mudah dibawa kemanapun, namun kurang cocok jika digunakan untuk bermain game atau melakukan editing.
  • 14 inci: ukuran yang memiliki keseimbangan pada portabilitas dan fungsionalitas yang baik. Berat umum untuk laptop yang memiliki ukuran layar 14 inci adalah 1,8kg tidak terlalu berat dan cocok jika digunakan untuk menonton film ataupun bermain game.
  • 15 inci: ukuran paling populer saat ini dengan bobot umum sekitar 2,4kg. Laptop 15 inci biasanya dibekali tombol keyboard yang lebih banyak (ekstra numerik) dan resolusi layar yang sangat beragam. Laptop sejenis ini cocok bagi kamu yang tidak terlalu sering membawa laptop bepergian.
  • 17 inci: jika kamu membutuhkan laptop yang hanya akan dipakai di kantor atau jarang dibawa bepergian, maka laptop dengan ukuran layar 17 inci cocok juga untuk kamu. Biasanya, laptop dengan ukuran layar jumbo ini merupakan laptop gaming atau workstation yang lumayan berat, namun telah dibekali dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.

3. Cek Keyboard Dan Touchpad

Spesifikasi yang luar biasa tidak akan terlalu bermanfaat jika laptop memiliki keyboard dan touchpad yang buruk. Jika kamu berencana untuk melakukan banyak pekerjaan dengan laptop, pastikan bahwa keyboard laptop yang kamu inginkan menawarkan sentuhan yang nyaman dan solid serta memiliki ruang yang cukup di antara tombol. Jika diperlukan, pilih juga yang memiliki lampu backlight. Sementara untuk touchpad, pastikan memiliki akurasi kursor yang baik, respon yang konsisten dan gestur yang beragam.

4. Sesuaikan Spesifikasi Dengan Kebutuhan

Berbicara tentang spesifikasi laptop, setidaknya terdapat empat komponen penting yang biasa menjadi sorotan yaitu prosesor, GPU, RAM dan penyimpanan internal. Pilih laptop yang kamu butuhkan menyesuaikan dengan spesifikasi keempat komponen tersebut. Untuk selengkapnya, mari simak ulasan berikut ini.

  • Prosesor: perlu kamu ketahui, bahwa terdapat dua brand prosesor besar yaitu Intel dan AMD. Intel memiliki beragam produk prosesor misalnya Core i3 (untuk pengguna entry-level), Core i5 (untuk pengguna yang ingin performa menengah), Core i7 (untuk pengguna kelas atas) dan Core i9 (untuk pengguna perangkat yang ingin memiliki performa sempurna). Sementara AMD, kamu bisa memilih seri Ryzen 4000 (setara dengan Core i5 dan Core i7) atau seri A, FX atau E bagi kamu yang hanya memerlukan perangkat standar di kelas entry-level.
  • GPU: Untuk GPU, terdapat dua brand yang bisa kamu pilih, yakni Nvidia dan AMD. Nvidia menjadi salah satu produsen yang paling populer dengan banyak produk seperti seri MX (untuk pengguna kelas entry-level hingga menengah), GTX (untuk pengguna yang suka gaming standar) dan RTX-nya (untuk pengguna yang mengharapkan gaming bebas lag). Di sisi lain, produk paling direkomendasikan dari AMD adalah seri Radeon RX yang juga tersebar di berbagai kelas. Keduanya sama-sama memiliki performa kuat untuk bermain game, tergantung pada jenis game dan konfigurasi visual apa yang yang kamu pilih dalam permainan tersebut.
  • RAM: RAM atau Random Access Memory merupakan komponen penting lain yang terdapat pada perangkat laptop dan memiliki peran yang tidak bisa diremehkan. Kapasitas RAM minimal untuk perangkat saat ini adalah 4GB dan untuk idealnya adalah 8GB. Jika kapasitas tersebut masih dirasa kurang, kamu bisa memilih 16GB untuk performa multitasking dan gaming yang lebih pasti. Sedangkan 32GB, 64GB dan yang lebih tingginya juga direkomendasikan meski sebagian besar itu hanya hadir pada laptop jenis ultrabook, gaming atau workstation.
  • Penyimpanan: Kamu bisa memilih di antara HDD dan SSD untuk jenis penyimpanan internal laptop. HDD merupakan penyimpanan umum yang biasanya menawarkan kapasitas besar (sekalipun pada laptop terjangkau) namun dengan kecepatan baca tulis yang standar. Jika kapasitas bukan masalah untuk kamu, maka pilihlah SSD yang memiliki kecepatan baca tulis hingga tiga kali lebih baik ketimbang HDD konvensional. Untuk performa yang lebih baik (terutama pemakaian gaming), maka kami rekomendasikan untuk menggunakan penyimpanan laptop berbasis SSD.

5. Perhatikan Daya Tahan Baterai

Laptop sebagai perangkat portable sudah tentu membutuhkan daya tahan baterai dengan kemampuan yang baik. Jika kamu berencana untuk membeli laptop gaming yang mayoritas waktu penggunaannya di rumah, maka kamu tidak perlu khawatir dengan hal tersebut.

Namun demikian, jika laptop berfungsi sebagai pendukung mobilitas kegiatan kamu yang mesti dibawa ke mana-mana, maka usahakan untuk memilih laptop yang memiliki daya tahan baterai setidaknya 7 jam atau idealnya 8 jam. Sebab laptop dengan baterai yang awet umumnya memiliki jumlah cell dan kapasitas (dalam satuan mAh) yang tinggi.

Untuk lebih memudahkan kamu dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan, saat ini kamu dapat mencari informasi di ceklist.id yang membahas mengenai review produk laptop dari berbagai merek yang juga mengulas seputar spesifikasi serta kisaran harga yang direkomendasikan sesuai dengan budget dan kebutuhan yang kamu inginkan.

Demikian ulasan yang dapat kami bagikan mengenai apa saja yang perlu kamu ketahui sebelum membeli laptop baru. Jangan sungkan untuk membagikan pengalaman kamu terkait spesifikasi laptop seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan tertentu pada kolom komentar di bawah. Terimakasih.

1 thought on “Cara Memilih Laptop Terbaik Sesuai Dengan Kebutuhan Kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *