Inilah Beberapa Tips Ketika Menggunakan Google Schoolar

Rajatutorial.com - Mahasiswa yang sedang bergelut dengan skripsi pasti tidak asing lagi dengan Google Schoolar. Google Schoolar adalah salah satu layanan google yang berfungsi untuk mengakses jurnal, artikel , makalah , buku dll. Layanan ini sangat berguna bagi mahasiswa dan juga siswa yang butuh informasi terbaru tentang ilmu pengetahuan. 

inilah-beberapa-tips-ketika-menggunakan


Layanan ini memungkinkan anda untuk mencari jurnal, menyimpan sumber ke 'perpustakaan pribadi' anda serta memperoleh kutipan dengan cepat. Nah, sebelum mulai memakai Google Scholar, yuk simak 5 trik kegunaaankan layanan

1. Tutorial Mencari Postingan alias Jurnal

Google Scholar mempunyai tutorial kerja yang sama dengan mesin pencari Google. Untuk memperoleh hasil pencarian yang maksimal anda wajib memakai kata kunci yang sespesifik entah .

Untuk mengakses Google Scholar anda bisa ke website https://scholar.google.com/ serta anda bisa langsung mencari postingan pada search bar yang ada di halaman depan. Hasil pencarian yang timbul di Scholar adalah kombinasi dari hasil yang paling relevan dengan kata kunci serta hasil yang paling tak sedikit dikutip oleh pelajar serta akademisi lain.

Apabila hasil pencarian ini tak lebih memuaskan, anda juga bisa mencari jurnal memakai "Advanced search" yang memungkinkan hasil pencarian yang lebih spesifik. Alternatif ini bisa anda pilih di sidebar halaman utama.

2. Buat Perpustakaan Pribadi

Saat menjelajahi hasil pencarian, anda bisa menyimpan postingan yang diharapkan ke perpustakaan pribadi. Caranya dengan klik ikon berbentuk bintang yang ada di bawah hasil pencarian.

Postingan yang sudah masuk dalam perpustakaan bisa diakses di menu My library yang ada di sidebar. Anda juga bisa menonton daftar info yang lumayan komprehensif mengenai postingan tersebut tergolong abstraknya. Anda juga bisa menaruhnya dalam satu label untuk mengaturnya dengan sumber yang sama.

3. Atur Alert

Untuk mahasiswa yang meneliti isu yang sedang berkembang, fitur ini sangat berkegunaaan untuk mempermudah anda mengikuti postingan akademik apa saja yang baru diterbitkan. Scholar memberi anda alternatif untuk mengatur notifikasi alias alert apabila ada hasil pencarian baru terkait kata kunci yang spesifik.

Caranya mudah saja, pilih menu Alerts dengan simbol amplop yang ada di sidebar. Seusai itu klik Create alert serta masukkan kata kunci anda di Alert query. Anda bisa memilih ingin dilihat 10 alias 20 hasil pencarian yang bakal dikirimkan lewat email. Jadi, anda tak butuh ketinggalan lagi apabila ada postingan alias buku baru yang terbit.

4. Bisakan Postingan Terkait

Apabila anda sukses memperoleh postingan yang hebat serta relevan dengan topik yang anda cari, anda bisa mencari postingan terkait untuk memperoleh hasil yang serupa. Caranya dengan klik tautan "Related articles" yang ada di bawah postingan.

Nantinya, anda bakal memperoleh hasil pencarian yang terkait dengan postingan mutlak tersebut. Umpama hasil pencarian bakal menunjukan postingan oleh penulis yang sama, memakai kata kunci yang sama, alias mempunyai judul yang mirip.

5. Tutorial Mengutip dengan Cepat

Ketika membikin makalah, skripsi alias thesis entah  proses yang paling menjenuhkan adalah membikin daftar pustaka. Tapi tak butuh khawatir sebab Google Scholar pun bisa menolong anda dengan cepat menyusun daftar pustaka.

Caranya dengan klik ikon tanda kutip yang berada di bawah postingan. Seusai itu bakal ada jendela yang timbul dengan citation sesuai format yang diharapkan, mulai dari MLA, APA, Chicago sampai Harvard. Hasil ini bisa anda copy serta paste dengan cepat ke Microsoft Word.

Bagaimana ?, siap menyelesaikan tugas akademik anda dengan Google Scholar?

Selamat mencoba 

Sumber: Detik.com

0 Response to "Inilah Beberapa Tips Ketika Menggunakan Google Schoolar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel