Tips Memotret Acara Konser Menggunakan Kamera Ponsel 10x Zoom

Rajatutorial.com - Semakin berkembangnya teknologi ponsel yang ada di dunia diiringi juga dengan berkembangnya kamera ponsel yang semakin menjadi. Sekarang juga sudah hadir kamera dengan 10x zoom. Kamera ini tentunya dapat memontret oobjek yang jauh. Lalu bagaimana dengan memotret konser? Dapatkah kamera ponsel melakukannya? 

tips-memotret-acara-konser-menggunakan

Berikut kami rangkum beberapa tips memotret acara konser dengan kamera ponsel. 

1. Posisi Memotret

Paling utama, yang butuh diperhatikan apabila terbukti niat untuk memotret merupakan posisi. Sebagai fans alias penonton konser, posisi di tengah kerumunan harus diperhatikan, diusahakan datang lebih awal dan sebisa entah  dekat dengan panggung dan pandangan tak terkendala.

"Posisi kami memotret sebisa entah  tak terkendala apapun," kata Ardi saat memberbagi workshop gambargrafi Oppo Reno 10x Zoom Indonesia-10x Wondeeful Journey di Oppo Store Citra Land Semarang.

2. Mengatur Shutter Speed

Telah bukan faktor asing bahkan wajar ketika kamera handphone telah bisa disetting manual. Maka, dalam memotret konser memakai handphone, aturlah minimal kecepatan di angka 125 hingga 350.

"Start di 125 kalau posisi musisinya goyang-goyang bisa dieliminir. Aku pakai hingga angka 350, itu kalau musisinya loncat-loncat tetap aman. Kalau pencahaayaan itu tergantung kondisi lighting di lokasi. Ya itu tipsnya nge-frezee posisi musisinya," jelas admin akun instagram @gambarkonser itu

3. Komposisi Memotret

Mengatur posisi obyek supaya gambar lebih keren bisa dengan menampilkan garis bantu pada desain memotret di handphone. Dalam dunia gambargrafi ada istilah komposisi Rule of Thirds yang itu juga bisa diterapkan di handphone.

"Komposisi jangan lupa, ada rule of thirds," tegasnya.

4. Aktifkan Burst

Memotret konser pasti tak sedikit peristiwa yang tak bisa terulang. Maka supaya gambar aman, Ardi menyarankan untuk memakai burst alias memotret continue dengan cepat.

"Saya sukanya burst, menghindari objek merem, bisa posisi loncat pas di atas, kan kami suka terlambat," pungkas pria yang sempat memotret untuk majalah Rolling Stone itu.

5. Kosongkan Memori dan Penuhi Baterai

Mengosongkan memori seolah menjadi faktor harus ketika hendak memotret. Jangan hingga peristiwa apik terlewat sebab memori penuh. Tidak hanya itu, daya baterai handphone juga harus full.

"Baterai harus full, apalagi kalau pas Soundrenaline kan itu seharian. Memori kalau bisa kosongin dulu. Sama kalau pakai DSLR tak jarang tak jarang back up lah, jangan numpuk gambarnya," sarannya.

6. Kegunaaankan Teknologi Kamera Handphone

Ardi telah menjajal memotret berbagai konser memakai handphone. Ia memakai Oppo Reno 10x zoom yang punya lensa periskop jadi zoom bisa tetap jernih hingga 10 kali pembesaran.

"Sangat menolong ya Oppo Reno 10x zoom ini. Apalagi pas konser dateng akhir-akhir. Salah satu tutorial 'mendekati' musisi dengan Reno 10x ini," tandas Ardi.

Menurut Ardi, sensor kamera handphone masa saat ini makin keren dan memuaskan bagi orang-orang yang ingin melihat konser sebab biasanya, konser besar tak memperbolehkan penonton mengangkat kamera DSLR.

"Dengan kondisi teknologi apalagi sensor kamera handpone makin keren dan kebutuhan kini itu untuk eksis, berangkat ke konser, syukur bisa selfie sama musisi," sebutnya.

Workshop dengan Ardi sebagai pemateri tersebut nyatanya tak sedikit diminati oleh Oppo fans. Dengan materi gambar konser dan hasil jepretan Ardi yang ditampilkan pada layar membikin pengunjung makin penasaran memotret konser dengan ponsel.

Sumber: Detik.com

0 Response to "Tips Memotret Acara Konser Menggunakan Kamera Ponsel 10x Zoom"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel