Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot Menjadi Seperti Baru

Rajatutorial.com - Laptop yang biasanya telah dipakai 2 tahun atau lebih menjadi lemot dan tidak bertenaga. Laptop lemot sangat mengganggu kerjaan penggunanya. Kinerja kamu bisa menjadi lebih lambat gara-gara laptop yang lemot. Penyebab laptop lemot biasanya memori penuh, ram kecil, malware, cache dll. Maka dari itu kita akan bahas satu persatu cara mengatasi laptop yang lemot. 

cara-mengatasi-laptop-yang-lemot


Untuk anda pemakai laptop alias PC yang menjalankan Windows 10, 8 alias 7, yang lemot jangan khawatir sebab ada tak sedikit tutorial menanggulangi laptop lemot tanpa instal ulang. Berikut 10 tutorial menanggulangi laptop lemot supaya negebut kembali

1. Perbarui Software serta Sistem Operasi

Rutin update software serta sistem operasi yang ada di laptop alias PC kalian. Sebab, sistem yang rutin up-to-date tak hanya membikin laptop anda lebih aman tapi juga membikin kemampuan menjai lebih cepat.

2. Uninstall Software yang Tak Dipakai

Kadang kami tak jarang mendownload software yang jarang dipakai tanpa menyadari kalau software tersebut memakan tak sedikit tempat di harddisk. Untuk menonton software apa saja yang ada di laptop anda serta ukurannya, anda dapat ke Control Panel > Programs > Programs and Features.

3. Batasi Software Saat Startup

Laptop anda kadang menjadi lemot saat dinasibkan sebab berbagai software rutin menjalankan proses terpisah saat laptop dinasibkan. Untuk membatasi software apa saja yang dapat berlangsung saat startup, anda dapat buka Task Manager serta klik tab Startup. Di sini anda dapat menonton software apa saja yang berlangsung saat startup serta bagaimana akibatnya kepada kemampuan laptop.

4. Bersihkan Disk

Disk Cleanup adalah utility yang dapat menolong anda menghilangkan file-file yang tak diharapkan semacam file sementara, halaman web offline, serta file installer. Tutorial mengaksesnya lumayan buka menu Start serta klik Disk Cleanup.

5. Upgrade RAM

Lebih tak sedikit memori bakal membikin laptop anda menjadi lebih kencang dalam beroperasi sehari-hari. Apabila merasa laptop anda telah lemot parah, coba ganti dengan RAM berkapasitas lebih besar yang disesuaikan dengan keperluan anda sehari-hari.

6. Ganti ke SSD

Harddisk (HDD) biasa entah  terbukti lebih terjangkau, tapi solid-state drive (SSD) dapat membikin proses startup laptop serta proses menjalankan software menjadi lebih cepat.

7. Cek Virus serta Spyware

Virus, spyware serta malware tak hanya berbahaya untuk keamanan tapi juga dapat membikin kinerja laptop anda menjadi lemot. Instal software antivirus yang terpercaya alias gunakan Windows Defender yang telah terpasang untuk memeriksa apabila laptop anda terkena virus serta melindunginya setiap saat.

8. Ganti Pengaturan Baterai

Apabila anda ingin menghemat baterai serta listips, ini pasti bukan alternatif yang cocok tapi dapat menambah kemampuan laptop anda dengan instan. Caranya masuk ke Control Panel > System and Security > Power Options.

Seusai itu klik tanda panah di sebelah kanan untuk menampilkan "additional plans" serta pilih alternatif High Kemampuannce.

9. Atur Grafis serta Animasi

Windows versi baru mempunyai tak sedikit animasi serta efek untuk membikin desain software menjadi lebih mulus. Tapi animasi serta efek grafis ini justru membikin laptop anda menjadi lemot.

Untungnya, ada tutorial mudah untuk mengatur alias menonaktifkannya. Lumayan masuk ke Control Panel > System and Security > System > Advanced system settings. Seusai itu masuk ke tab Kemampuannce serta anda dapat memilih alternatif mana yang ingin dinonaktifkan.

10. Gunakan Software Tune-Up

Cara lain untuk menanggulangi laptop alias PC yang lemot adalah dengan menginstal software tune-up. Software ini dapat menjalankan berbagai manfaat umpama menghilangkan file duplikat alias yang tak lagi dipakai sampai meperbuat defragmentasi harddisk.

Tapi anda wajib berhati-hati sebab tak sedikit software gratis yang mengklaim dapat membikin kinerja laptop anda menjadi lebih cepat, tapi diam-diam mengandung malware. Sehingga hanya gunakan software tune-up yang mempunyai rating keren serta terpercaya.

Sumber: Detik.com

0 Response to "Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot Menjadi Seperti Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel