Cara Daftar Google Bisnisku Agar Bisnis Kamu Semakin Berkembang

Rajatutorial.com - Google memiliki fitur keren yaitu Google Bisnisku atau Google My Business. Fitur ini merupakan layanan gratis untuk para pebisnis yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka.  Fitur utama produk ini yaitu bisnis kamu dapat kamu tampilkan di berbagai produk google seperti Maps dan lain lain. Fitur ini dapat memudahkan konsumen kamu untuk mendapatkan informasi lengkap tentang produk yang kamu tawarkan. Konsumen tentunya perlu informasi lengkap mengenai bisnis kamu, mulai dari alamat, jam operasiona, website, daftar produk dan lain lain.

cara-daftar-google-bisnisku-agar-bisnis


Bagi pebisnis ini pasti sangat berguna. Tidak hanya menampilkan informasi mengenai bisnis, pebisnis juga dapat berinteraksi dengan konsumen lewat review serta tahap tanya jawab.

Yang hebat bagi pebisnis merupakan tak dipungut anggaran untuk mendaftar Google Bisnisku atau gratis. Berikut tutorial mendaftar Google Bisnisku yang dikutip detikINET dari blog Google Support:

Cara Daftar Google Bisnisku Agar Bisnis Kamu Semakin Berkembang

1. Buka Website Google Bisnisku

Memakai browser di laptop atau PC buka website resmi Google Bisnisku di https://www.google.com/business/. Di aspek kanan atas klik Login serta masuk memakai akun Google. Seusai login, masukkan nama bisnis.

2. Masukkan Alamat Bisnis

Seusai itu masukkan alamat lengkap bisnis. Calon pemakai Google Bisnisku juga bakal diminta untuk menempatkan penanda lokasi bisnis di Google Maps supaya mempermudah konsumen mengunjungi lokasi bisnis pebisnis.

Apabila bisnis tak mempunyai lokasi fisik, namun beroperasi di area layanan, dapat mencantumkan area layanan sebagai gantinya. Apabila telah berakhir klik berikutnya.

3. Masukkan Kategori Bisnis

Tentukan kategori yang paling sesuai dengan bisnis pilihan. Umpama mengelola salon di Jakarta, maka pilih kategori 'Salon'.

Kategori ini untuk mempermudah Google mengelompokkan bisnis sesuai kategori. Jadi, apabila seseorang mencari 'Salon di Jakarta' di Google, informasi mengenai bisnis tersebut bakal timbul di hasil pencarian tersebut.

4. Masukkan Detail Kontak

Masukkan detail kontak yang ingin ditunjukkan terhadap pelanggan. Data kontak ini dapat berupa nomor telepon atau handphone yang dapat dihubungi.

Pebisnis juga bakal diminta untuk memasukkan URL website bisnis yang didaftarkan. Apabila tak punya, dapat klik alternatif 'Saya tak butuh situs'. Tapi apabila ingin membikin website gratis, Google bakal menyediakan jasanya.

5. Pilih Alternatif Verifikasi

Verifikasi penting diperbuat untuk menghindari pihak tak bertanggung jawab menyalahgunakan informasi terkait bisnis kalian. Tidak hanya itu, bisnis yang telah diverifikasi juga dianggap sebagai bisnis dengan reputasi yang baik dibanding yang tidak.

Cara verifikasi Google Bisnisku mudah saja. Seusai mengisi semua informasi dengan lengkap serta benar, pilih alternatif verifikasi saat itu juga dengan mengisi nama penerima surat. Seusai itu klik Kirim Kartu Pos.

Tunggu surat dari Google tiba di alamat yang telah anda masukkan. Butuh diingat bahwa selagi proses verifikasi anda tak dapat mengedit informasi yang telah ditulis sebelumnya.

Apabila ada informasi yang salah, anda dapat mengeditnya sebelum meperbuat verifikasi. Caranya dari akun Google Bisnisku anda buka Menu serta klik Kelola Lokasi.

Kemudian klik Informasi yang ada di segi kiri layar. Klik edit di tahap yang ingin diubah, kemudian masukkan informasi yang sesuai.

6. Verifikasi Google Bisnisku

Seusai mendapat surat dari Google anda dapat melanjutkan proses verifikasi memakai kode verifikasi yang disertakan dalam surat. Caranya buka akun Google Bisnisku serta pilih menu Verifikasi Lokasi.

Masukkan kode verifikasi yang ada di surat yang dikirim oleh Google. Proses verifikasi pun telah berakhir.

7. Edit Google Bisnisku

Seusai proses verifikasi berakhir, pebisnis pemilik akun dapat mengedit serta memasukkan informasi tambahan mengenai bisnisnya lewat akun Google Bisnisku. Berbagai informasi yang dapat ditambahkan antara lain deskripsi bisnis, gambar, jam operasional, fasilitas serta menu.

Bagaimana, lumayan mudah kan detikers? Selamat mencoba!

Sumber: Detik.com

0 Response to "Cara Daftar Google Bisnisku Agar Bisnis Kamu Semakin Berkembang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel