Kalori: Kunci Berat Badan yang Sehat

Rajatutorial.com - Berat badan bakal bertambah apabila Kamu mengonsumsi kalori lebih tak sedikit dari yang dibakar tubuh.


Kalori adalah takaran energi dalam makanan. Kunci berat badan sehat adalah mengenal berapa kandungan kalori dalam makanan yang Kamu konsumsi jadi bisa disesuaikan dengan jumlah energi yang dibakar oleh tubuh.

Bahan Bakar Tubuh

Tubuh membutuhkan energi dari kalori dalam makanan untuk bisa beraktivitas. Umumnya rata-rata wanita membutuhkan kurang lebih 1.600-2.400 kilokalori (kkal) per hari, sementara rata-rata pria memerlukan 2.000-3000 kkal. Tetapi jumlah kalori yang diperlukan tiap orang tak sama-beda tergantung terhadap tinggi, berat badan serta tingkat keaktivan mereka.

Tidak sedikit hal yang bisa memengaruhi jumlah kalori yang dibakar badan saat beraktivitas fisik. Di antaranya adalah usia serta tipe kegiatan yang diperbuat. Umpama bersepeda bakal lebih tak sedikit membakar kalori dibandingkan berlangsung santai. Apabila tak dipakai sebagai bahan bakar, kalori yang lebih bakal disimpan dalam badan sebagai lemak.

Menghitung Kalori

Karbohidrat, protein, serta lemak adalah tipe nutrisi mengandung kalori yang berperan sebagai bahan bakar tubuh. Tiap gram lemak rata-rata mengandung 9 kalori, sementara karbohidrat serta protein rata-rata mengandung 4  kalori. Sementara kalori dalam makanan kemasan biasanya bisa dilihat dari label nutrisi di tahap belakang. Data ini berkegunaaan untuk memastikan bahwa Kamu tak mengonsumsi kalori berlebihan. Satuan yang dipakai umumnya adalah kkal alias kJ yang adalah singkatan dari kilojoule.

Anda bisa dengan mudah membandingkan kadar kalori dalam berbagai produk yang tak sama-beda sebab label yang tertera umumnya bakal mencantumkan kadar kalori yang terkandung per 100 ml alias 100 gram. Usahakan untuk memeriksa label nutrisi pada setiap makanan yang bakal Kamu konsumsi. Yang patut diwaspadai adalah ketika pada label tersebut hanya tertulis “sekian kalori dalam satu porsi”. Tak ada ukuran standar yang bisa dijadikan barometer dalam “satu kemasan” alias “satu porsi”.

Mengurangi Kelebihan Kalori

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalori berlebih tanpa diimbangi aktivitas alias olahraga yang sesuai bakal menyebabkan naiknya berat badan. Perubahan pola makan serta berolahraga bisa menjadi solusi kondisi itu. Berat badan Kamu adalah hasil  dari menyeimbangkan jumlah kalori. Artinya, apabila Kamu mengonsumsi lebih tak sedikit kalori daripada yang Kamu bakar, maka berat badan Kamu bakal bertambah.

Apabila dalam sepekan Kamu mengonsumsi makanan serta minuman yang mengandung total 10.000 kalori, maka Kamu juga butuh membakar 10.000 kalori. Dengan begini, maka tak ada kelebihan kalori yang tersimpan sebagai lemak di dalam tubuh.

Mengidentifikasi daftar makanan yang bakal Kamu konsumsi dalam sehari bisa mempermudah Kamu menentukan makanan mana yang bisa Kamu hilangkan untuk memotong asupan kalori. Umpama dengan memilih tak lagi mengonsumsi camilan yang mengandung tak sedikit gula di antara waktu makan pagi serta makan siang. Alias Kamu bisa juga menggantikan camilan dengan buah-buahan segar yang lebih sehat serta mengandung kalori lebih rendah. Berikut ini adalah berbagai langkah yang bisa Kamu perbuat:

  • Tak lebihi porsi makanan. Setengah piring nasi goreng mengandung lebih sedkit kalori daripada sepiring penuh. Memakai piring yang lebih kecil bakal membikin Kamu terdorong untuk makan dalam porsi lebih sedikit.
  • Ganti makanan berkalori tinggi dengan yang berkalori rendah. Sebagai contoh, Kamu bisa mengganti kari ayam alias ayam goreng dengan ayam rebus rempah alias ayam yang ditumis dengan sayur-sayuran.
  • Hindari makanan berkalori tinggi serta bernutrisi rendah semacam gorengan yang mengandung tak sedikit minyak.
  • Pilihlah air putih alias teh tawar daripada minuman yang mengandung tak sedikit gula alias minuman es bersantan.
  • Kamu bisa memakai software penghitung kalori online semacam SuperTracker.

Selain mengatur pola makan, Kamu juga bisa melengkapi dengan ragam olahraga untuk diet yang maksimal supaya memperoleh berat badan sehat yang Kamu inginkan.

0 Response to "Kalori: Kunci Berat Badan yang Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel