Jangan Biarkan Jerawat di Ketiak Semakin Membandel

Rajatutorial.com - Jerawat di ketiak dapat disebabkan oleh sumbatan serta peradangan pada kelenjar minyak alias kelenjar keringat. Kondisi ini dapat memunculkan rasa tak enjoy. Tetapi, jangan khawatir. Ada beberapa tutorial yang dapat diperbuat untuk menanggulanginya.

jangan-biarkan-jerawat-di-ketiak

Hidradenitis supurativa alias tak jarang disebut dengan acne inversa, adalah peradangan yang terjadi pada kelenjar keringat. Kondisi ini dapat terjadi di beberapa tempat yang mempunyai kelenjar keringat, tergolong ketiak.

Gejala Jerawat di Ketiak yang Butuh Diperhatikan

Jerawat dan benjolan di ketiak tak jarang dianggap sepele. Padahal apabila dibiarkan, benjolan  tersebut bisa memunculkan keluhan, semacam kemerahan, bengkak, dan nyeri. Apabila pecah dan memunculkan luka, jerawat di ketiak bisa meninggalkan jaringan parut.

Munculnya jerawat di ketiak tak jarang terjadi seusai pubertas, terkadang berlanjut hingga bertahun-tahun.

Bentuk jerawat yang disebabkan oleh hidranitis suprativa di ketiak bisa berupa:

Komedo dan celah

Komedo dan celah yang bernanah adalah gejala yang paling tak jarang ditemukan pada hidranitis supurativa.

Benjolan lunak dan berwarna merah

Ketika mengalami hidranitis supurativa, benjolan yang timbul bisa disertai gatal, panas, dan berisi nanah yang berbau busuk.

Benjolan sebesar kacang yang menyakitkan

Jerawat di ketiak yang disebabkan oleh hidranitis supurativa juga entah  berupa benjolan keras, nyeri, dan berbau. Benjolan ini bisa membesar dan bersi kukuh selagi bertahun-tahun.

Meski penyebab tentu hidranitis supurativa belum diketahui, tetapi ada berbagai hal yang bisa menambah risiko munculnya kondisi ini, yaitu sindrom metabolik, kebiasaan merokok, obesitas, gangguan pada sistem kekebalan tubuh, dan adanya jerawat di tahap badan lain.

Cara Menanggulangi Jerawat di Ketiak

Penanganan jerawat di ketiak tergantung pada tingkat keparahannya. Apabila ringan, lumayan dikompres dengan handuk hangat dan dibersihkan dengan cara selalu dengan sabun antibakteri.

Tetapi apabila jerawat telah parah bahkan membengkak dan memunculkan rasa nyeri, sebaiknya perbuat pemeriksaan ke dokter. Dokter bakal memberbagi obat oles alias obat minum untuk meredakan bengkak dan nyeri. Bila terbukti diperlukan, dokter bisa memberbagi antibiotik alias bahkan menyarankan perbuatan pembedahan.

Jangan sepelekan jerawat di ketiak, apalagi apabila telah membengkak dan sangat nyeri. Apabila Kamu mengalaminya, perbuatlah pemeriksaan ke dokter. Dengan penanganan yang cocok, jerawat di ketiak bakal lebih cepat pulih, tanpa memunculkan bekas maupun komplikasi.

0 Response to "Jangan Biarkan Jerawat di Ketiak Semakin Membandel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel